Jumat, 12 Februari 2016

6 Faktor yang Membuat Rambut Rusak


1.       Cuaca. Sinar ultraviolet (UV) yang memancar dari sinar matahari saat musim panas atau kemarau dapat merusak rambut. Rambut akan kehilangan kelembapannya, dan dapat pula menyebabkan warna rambut memudar. Oleh karena itu, sebaiknya lindungilah rambut anda saat siang hari agar terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari dengan menggunakan penutup kepala berupa topi atau payung. Selain itu, gunakanlah produk perawatan  yang mengandung pelindung UV.

Lakukan pemijatan dengan krim tabir surya atau jika kulit kepala sudah terlanjur merah akibat terkena sinar matahari yang berlebihan, gunakanlah gel yang mengandung lidah buaya.

Selain hawa panas, hawa dingin pun juga dapat menyebabkan kerusakan rambut. Angin disertai badai kuat yang membawa debu dan kotoran juga dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan kering. Dan pada saat musim salju, rambut akan semakin sulit diatur karena mendapat gaya elektrik statik. Sedangkan pantulan UV pada saat musim salju ternyata menjadi lebih kuat, karena dipantulkan lewat cahaya. Oleh karena itu, selalu lindungi rambut anda dengan menggunakan pelindung ekstra khusus rambut.

2.       Polusi. Asap, debu, dan kotoran di udara, termasuk asap rokok dan asap dari dapur, dapat menumpuk di rambut,yang mengakibatkan rambut menjadi pudar dan tidak bernyawa. Untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di rambut tersebut, cucilah rambut anda secara teratur, dan selalu perhatikan agar sikat dan sisir juga dalam keadaan selalu bersih. Jika rambut anda masih belum sempat dicuci, sikatlah secara menyeluruh, lalu beri parfum pada sisir, sehingga dapat memberi keharuman pada rambut anda. 

3.       Stress. Strees juga dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi kering, dan terkadang menimbulkan serpihan-serpihan kecil saat disisir. Selain itu stress juga dapat menyebabkan kebotakan pada rambut. Jika anda hidup di lingkungan yang sering kali memicu timbulnya stress, cobalah untuk banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B, karena vitmain ini sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Selain itu, yoga juga dapat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah yang menuju kulit kepala.

4.       Produk Kosmetik Rambut. Selalu gunakan produk perawatan rambut yang cocok dengan jenis rambut anda. Perawatan rambut yang terlalu keras dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat di kulit kepala, sehingga dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan tampak mati. Jadi, jika anda tidak terlalu pasti mengenal jenis rambut anda sendiri, cobalah berkonsultasi dengan ahli penata rambut anda. Dan gunakan produk-produk perawatan rambut secara tepat agar tidak menimbulkan efek negatif pada rambut.

5. Peralatan Rambut. Batasi penggunaan peralatan rambut yang menimbulkan panas. Alat ini cenderung membuat rambut anda menjadi kering. Terkadang, ada baiknya jika sesekali anda membiarkan rambut anda kering secara alami.


6.  Air. Air yang mengandung garam atau larutan bahan kimia seperti klorin, yang biasa terdapat di kolam renang, dapat merusak kondisi rambut. Zat ini dapat menumpuk di kulit kepala maupun helai rambut, sehingga dapat menyebabkan pudarnya warna pada rambut anda. Jadi, setiap selesai melakukan olahraga renang, segeralah bilas rambut anda dengan menggunakan shampo atau conditioner yang sesuai dengan jenis rambut anda.

Artikel Terkait

6 Faktor yang Membuat Rambut Rusak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email