Senin, 15 Februari 2016

Yang Sebaiknya Dilakukan dan Jangan Dilakukan Saat Menggunakan Shampo


Untuk hasil lebih maksimal dan tidak merusak rambut indah yang telah anda miliki, ada beberapa langkah yang sebaiknya anda perhatikan saat hendak menggunakan shampo:

Do
·         Gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda.
·    Sebelum menggunakan shampo, biasakan untuk selalu membaca instruksi yang terdapat pada kemasan shampo tersebut, karena ada beberapa shampo yang harus didiamkan beberapa menit terlebih dahulu sebelum rambut dibilas.
·       Cobalah terlebih dahulu membeli shampo dalam kemasan kecil untuk mencoba apakah shampo tersebut benar-benar sesuai dengan jenis rambut anda.
·       Bila rambut menggunakan teknik perawatan, pengeritingan, atau banyak menggunakan bahan kima, akan terjadi perubahan keseimbangan pH, oleh karena itu pilihlah shampo khusus. Penggunaan shampo biasa akan mengikis warna rambut yang telah anda buat. Pilihlah shampo dengan formula khusus untuk rambut yang telah anda warnai. Shampo ini akan menjaga warna rambut agar warnanya tidak lekas pudar.
·       Gunakan air dingin saat bilasan terakhir setelah pemberian conditioner. Hal ini dilakukan untuk meratakan kutikula, shingga rambut akan tampak lebih bersinar.
·         Pijatlah kulit kepala secara lembut beberapa menit sebelum tidur, setiap malam. Pijatan ini akan melancarkan aliran darah dari akar menuju rambut.
·         Sebelum mencuci rambut, sikat rambut secara lembut dan perlahan untuk membebaskan rambut dari kotoran dan sel kulit mati.

Don’t
·         Jangan gunakan sabun untuk mencuci  rambut, karena sabun mengandung alkalin yang dapat mengangkat minyak alami rambut.
·         Jangan memilih shampo karena hanya busanya yang melimpah, karena belum tentu shampo jenis tersebut memiliki kemampuan untuk membersihkan rambut secara menyeluruh. Shampo dengan busa yang melimpah seringkali mengikis minyak alami rambut. Gunakan hanya shampo yang berkualitas.
·         Hindari mencuci rambut dengan menggunakan air panas, karena akan menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi kering, kutikula rambut menjadi terbuka, dan juga dapat mengurangi minyak alami rambut.
·        Jangan menyikat rambut dalam keadaan basah, karena dapat mengakibatkan rambut menjadi lebih mudah patah. 
·         Jangan menarik rambut ke belakang dengan diikat, diberi bando, atau jepitan dalam jangka waktu yang lama, karena hal ini akan mengakibatkan rambut patah bagian depan yang akhirnya akan menimbulkan kebotakan.

Artikel Terkait

Yang Sebaiknya Dilakukan dan Jangan Dilakukan Saat Menggunakan Shampo
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email