Jumat, 19 Februari 2016

Berbagai Jenis Rambut yang Perlu Anda Tahu


Banyak orang mencuci rambutnya setiap hari tanpa mengetahui jenis rambut mereka sendiri. Jenis dan tekstur rambut ditentukan secara genetik, tetapi pengaruh eksternal berperan penting bagi penampilan rambut seseorang. Mengetahui jenis rambut akan mempermudah anda menentukan produk khusus rambut yang cocok, sehingga kesalahan akibat penggunaan produk khusus rambut yang tidak tepat dapat dihindari.

Jenis rambut ditentukan oleh jumlah sebum yang diproduksi oleh tubuh. Sering melakukan perming, pemanasan, dan penataan rambut yang tidak tepat akan memberi efek negatif pada rambut. Efek negatif tersebut bisa saja membuat jenis rambut anda menjadi kering misalnya. Jadi, sebaiknya berhati-hatilah saat melakukan perawatan dan penataan rambut, karena rambut bisa menjadi indikator yang baik dari status kesehatan kita pada umumnya.

3 Faktor yang Mempengaruhi Jenis Rambut
1.       Kondisi kuit kepala; apakah kering, berminyak, atau flaky (mudah lepas)
2.       Karakteristik rambut; halus, keriting, bergelombang, lurus, atau diberi warna?
3.      Lingkungan; apakah anda tinggal di kota, desa? Atau ruangan kantor anda berada di dalam ruangan tertutup ber-AC? Atau di ruangan yang lembab, panas, atau kering? Semua hal tersebut turut mempengaruhi tipe rambut yang anda miliki.

Berbagai Jenis Rambut

Rambut Kering
Rambut menjadi kering, kering sekali, dan rapuh akibat kurangnya sebum atau minyak alami rambut. Rambut yang terlalu kering akan tampak suram dan jika disentuh akan terasa kering, mudah kusut, dan sulit untuk disisir atau disikat. Kekusutan tersebut bisa terdapat pada bagian ujung rambut atau di bagian tengah rambut. Pada bagian kulit kepala juga akan tampak lapisan kering, yang jika disikat akan rontok dan seringkali tampak di bagian pundak. Tipe rambut kering terkadang ditandai dengan ujung rambut yang pecah.

Penyebab Rambut Kering
Terlalu berlebihan menggunakan shampo atau produk kosmetik penataan seperti pewarnaan rambut. Kerusakan juga dapat disebabkan terlalu sering terkena sinar matahari langsung, stress, dan terlalu banyak minum minuman beralkohol. Semua hal tersebut dapat mengakibatkan rambut kehilangan kelembapannya, dan elastisitasnya pun menjadi berkurang.

Solusi Untuk Rambut Kering
Gunakan shampo yang mengandung nutrisi dan gunakan conditioner secara intensif yang dipakai pada bagian batang rambut, bukan di kulit kepala. Rawatlah rambut kering anda sebaik mungkin. Sekali waktu gunakanlah masker rambut agar mendapatkan kelembapannya kembali. Potong bagian ujung rambut yang pecah, dan sikat rambut secara teratur untuk merangsang kulit kepala dan menyebarkan minyak yang ada secara merata.

Rambut Normal
Rambut normal adalah rambut yang tidak berminyak dan juga tidak kering. Rambut tampak natural, mudah dibentuk dan tampak selalu indah dilihat. Beruntunglah anda jika memiliki rambut jenis ini. Rawatlah agar selalu terjaga kelembapannya, serta lindungilah rambut anda dari lingkungan yang dapat berpengaruh negatif terhadap rambut yang anda miliki. Karena, rambut normal pun juga dapat berubah menjadi kering atau pun berminyak jika tidak tepat dalam melakukan perawatan.

Rambut Berminyak
Ketika kelenjar minyak di kulit kepala memproduksi sebum secra berlebihan, maka hal tersebut akan membuat rambut menjadi berminyak. Rambut jenis ini akan tampak berminyak, lepek, tidak mengembang, dan tidak teratur. Oleh karena itu, rambut jenis ini membutuhkan pencucian rambut yang lebih sering jika dibandingkan dengan jenis rambut lainnya.

Penyebab Rambut Berminyak
Produksi sebum yang berlebihan, hormon yang tidak seimbang, stress, dan terlalu banyak mengeluarkan minyak.

Solusi Untuk Rambut Berminyak
Gunakanlah shampo yang lembut, yang dapat memberi volume pada rambut. Kurangi makanan berlemak, pilih makanan yang sehat dan bergizi, serta minum 6 sampai 8 gelas air mineral setiap hari. Saat melakukan penataan rambut, sebaiknya gunakanlah produk bersuhu rendah. Karena suhu yang terlalu panas dapat mengaktifkan kelenjar minyak di kulit kepala sehingga produksi minyak semakin meningkat.

Rambut Kombinasi
Rambut kombinasi mempunyai kecenderungan berminyak pada bagian akar rambut, tetapi kering pada bagian batang rambut, dan terkadang pada bagian ujung rambut pun mengalami pecah-pecah.

Penyebab Rambut Kombinasi
Terlalu sering terkena produk khusus rambut berbahan kimia yang biasanya terdapat pada produk kosmetik rambut, atau dapat juga terjadi karena terlalu banyak menggunakan conditioner. Shampo yang terlalu banyak mengandung detergen juga dapat mengakibatkan rambut seperti jenis ini.

Solusi Untuk Rambut Kombinasi
1.       Gunakan shampo yang lembut.
2.    Gunakan shampo khusus untuk rambut kombinasi. Jika tidak ada bisa menggunakan shampo untuk rambut berminyak. 
3.       Setelah itu gunakan conditioner hanya pada bagian tengah rambut ke bawah.

Artikel Terkait

Berbagai Jenis Rambut yang Perlu Anda Tahu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email