Kamis, 18 Februari 2016

Jenis-jenis Sisir Rambut yang Perlu Anda Ketahui


Rahasia lain untuk memiliki rambut indah adalah dengan memaksimalkan penggunaan produk peralatan rambut. Pertama, yang perlu dilakukan adalah menentukan gaya rambut seperti apa yang diinginkan? Gaya natural, lurus, atau sedikit lekukan? Setelah itu, pilih peralatan apa yang dapat menunjang penampilan rambut yang anda inginkan tersebut. Jika ingin rambut bergelombang, dibutuhkan alat seperti gulungan rambut atau curling irons

Nah, berikut ini beberapa keterangan yang dapat anda jadikan petunjuk untuk memilih peralatan yang dibutuhkan dalam menata rambut.

Peralatan rambut yang sering dipakai untuk menata rambut, baik pada saat menggunting rambut atau menata gaya rambut adalah sisir. Sisir dibuat kuat, sehingga tidak mudah lumer atau rusak ketika dipakai saat menata rambut dengan menggunakan hair dryer. Oleh karena itu, sisir ada yang terbuat dari bahan metal, tulang, atau plastik. Sisir mempunyai beragam bentuk, dari yang bergigi halus hingga yang bergigi tebal. 

Selain itu, sisir juga digunakan untuk membagi rambut saat di-blow, diberi conditioner, atau pada saat penataan rambut dengan menggunakan hair spray.

Manfaat sisir tidak hanya di bagian gigi saja, ekor sisir pun dapat dimanfaatkan untuk membelah bagian rambut atau memberi efek zig-zag. Ujung sisir juga dapat berfungsi sebagai aksesoris untuk menjepit rambut panjang ke arah atas hingga menyerupai chopstick atau pensil.

Keterangan: 
1.    Sisir yang banyak digunakan untuk meluruskan rambut saat dicuci.
2.    Sisir sasak.
3/4. Sisir yang mempunyai gigi halus dan besar, yang banyak digunakan untuk menggunting rambut.
5.    Sisir ekor yang banyak digunakan untuk rambut keriting.
6.    Sisir variasi yang banyak digunakan untuk membentuk rambut.

Sisir Sikat atau Brushes

Sisir sikat banyak dipakai untuk mem-blow rambut, baik ke arah dalam maupun luar, dengan bantuan hair dryer. Sisir sikat hadir dalam berbagai ukuran maupun berbagai lingkaran. Biasanya, ukuran kecil cocok digunakan untuk rambut pendek. Sebaiknya miikilah dua buah sisir sikat yang berukuran kecil dan besar. Untuk memberi efek keriting, gunakan sikat bulat yang kecil, agar keriting rambut menjadi lebih kuat. 


Untuk meluruskan rambut pendek, sikat berdiameter 5-8 cm sangat sesuai. Sedangkan sikat dengan diameter besar sebaiknya digunakan untuk rambut panjang. Untuk mempercepat proses pengeringan, pilih sikat bulat yang bulunya menempel di atas dasar logam (aluminium). Dasar logam ini akan memanas bila digunakan bersama hair dryer, sehingga dengan cepat dapat mengatur gaya rambut anda.

Keterangan:
1.    Sisir sikat berukuran besar dan dengan gigi jarang yang banyak digunakan untuk mem-blow rambut lurus.
2.    Sisir sikat dengan bentuk setengah, banyak digunakan untuk finishing rambut pria.
3.    Hampir sama dengan di atas, sisir berbentuk setengah lingkaran digunakan untuk memberi efek blow.
4.    Sisir sikat yang banyak digunakan untuk membersihkan sisa-sisa potongan rambut.
5-8. Sisir sikat bulat yang terbuat dari metal dengan berbagai ukuran yang banyak digunakan untuk mem-blow rambut pendek dan medium.
9-10.Sisir sikat bulat yang berukuran besar yang banyak digunakan untuk membentuk volume besar pada rambut. Sebaiknya digunakan untuk rambut panjang.  

Artikel Terkait

Jenis-jenis Sisir Rambut yang Perlu Anda Ketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email