Senin, 15 Februari 2016

Perawatan Rambut Lurus Sehari-hari yang Wajib Anda Lakukan


Perawatan rambut lurus sehari-hari dimulai pada saat sebelum pencucian, pada saat pencucian, dan setelah pencucian. Selain perawatan sehari-hari, rambut lurus juga perlu perawatan khusus agar terhindar dari berbagai masalah rambut. Oleh karena itu, perawatan rambut lurus secara rutin dan tepat sangat dianjurkan.

Sebelum Pencucian
Langkah ini dapat dilakukan bagi mereka yang memiliki rambut lurus bermasalah. Untuk rambut lurus tapi kering dan kusam, sebelum keramas, bubuhkan krim yang mengandung vitamin A, D, E, dan F yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Hal ini berguna untuk memberi makanan pada rambut sampai ke serat-serat rambut, melembabkan, dan memberi keseimbangan pada rambut.

Untuk rambut lurus tapi berketombe, sebaiknya sikat rambut anda dengan hati-hati agar sisik ketombe terlepas. Penyikatan ini juga bertujuan untuk merangsang peredaran darah pada kulit kepala. Bila sisik terlalu tebal, dapat digunakan minyak bayi untuk melepaskannya.

Pencucian
Langkah awal dalam perawatan rambut dimulai dari pemilihan shampo. Shampo merupakan salah satu produk penting dalam pencucian rambut, agar rambut menjadi lebih bersih, sehat, dan indah. Oleh karena itu, mengenal dan mengetahui shampo yang cocok untuk jenis rambut adalah langkah utama yang perlu dilakukan dalam perawatan rambut ini.

Memilih shampo yang tepat memang bukan hal yang mudah. Cara yang paling sederhana untuk mengetahui jenis shampo yang cocok adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis rambut anda. Setelah itu, sesuaikan kondisi rambut anda dengan kandungan yang terdapat di dalam shampo.

Rambut yang dicuci dengan shampo yang tepat akan mudah dibersihkan dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Selain mempunyai fungsi dasar untuk mencuci dan membersihkan rambut serta kulit kepala dari segala kotoran, dengan terobosan baru, shampo juga dapat berfungsi untuk merawat rambut, memperindah rambut, mengatasi kelainan pada kulit kepala, dan membuat rambut menjadi lebih harum.

Pilihlah shampo dengan kualitas yang baik. Produk perawatan rambut yang berkualitas baik biasanya mempunyai kelebihan, seperti pH yang netral, tanpa zat pewarna, tidak banyak mengandung zat pewangi, terbuat dari bahan yang alami atau tumbuh-tumbuhan, mengandung pelembap, serta sudah lulus uji dermatologis dan juga sudah di sahkan oleh CTFA (Cosmetic Toiletries Fragrance Association) yang memiliki standar internasional.

Setelah dicuci, pemberian conditioner juga diperlukan agar kelembaban rambut tetap dapat terjaga. Untuk rambut kering dan kusam disarankan untuk memakai conditioner yang mengandung vitamin A, E, dan F. Bubuhkan pada batang rambut. Conditioner ini dapat membuat rambut menjadi lebih halus, tidak kaku, dan bercahaya.

Sebagian besar conditioner hanya digunakan pada batang rambut, jadi membiarkan conditioner terlalu lama di kepala juga tidak ada manfaatnya. Ketika membilas rambut,perhatikan agar air mengalir sepanjang batang rambut, bukan melawannya.

Jika anda mempunyai rambut halus, atau setelah pemakaian conditioner rambut anda menjadi terlalu lembut hingga susah untuk diatur, cobalah menggunakan conditioner yang tidak perlu dibilas. Conditioner semacam ini tidak membuat rambut anda mudah jatuh.

Setelah Pencucian

Sebagai sentuhan terakhir,gunakan tonik yang berguna untuk menguatkan akar rambut, merangsang pertumbuhan rambut, dan merawat kulit kepala.

Artikel Terkait

Perawatan Rambut Lurus Sehari-hari yang Wajib Anda Lakukan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email