Jumat, 19 Februari 2016

Karakteristik Rambut dan Kesehatan Rambut


Seberapa pentingkah keberadaan rambut bagi seorang wanita?
Menurut Susan Detwiler, MD., seorang ahli dermatologi di Stanford University School of Medicine, rambut sangat penting secara psikologis, karena dapat menunjukkan feminitas dan maskulinitas seseorang, selain merupakan tanda individualitas dan citra dirinya. Namun, seiring perkembangan dunia fashion, keberadaan rambut semakin melangkah jauh ke depan yang menjadi bagian dari fashion accessory itu sendiri. Rambut dapat menunjukkan bukan saja personality seseorang, tetapi juga lifestyle-nya. Oleh karena itu, seringkali rambut dipuja karena keindahannya, bukan karena kekuatannya. 

Keindahan dan kesehatan rambut dengan kesehatan tubuh sebenarnya saling bartautan. Rambut sehat adalah ukuran kesehatan tubuh kita. Ketika tubuh dalam kondisi sehat, rambut pun akan tampak berkilau, lembut, dan lentur. namun, jika rambut tidak lagi bercahaya dan tampak kusam, kita menjadi resah, sehingga tanpa disadari keadaan wajah dapat terpengaruh olehnya. 

Rambut manusia berasal dari protein mati yang keras yang dinamakan keratin. Lapisan luar tiap rambut terbentuk dari sisik sel keratin yang saling bertumpuk yang dinamakan kutikula. Jika rambut bersih dan kita tidak menyiksanya dengan bahan-bahan kimia, tiap sisik tersebut akan berbaring datar dan memantulkan cahaya, sehingga rambut pun akan menjadi bercahaya.

Debu, polusi, dan kerusakan rambut akibat bahan-bahan kimia akan merusak sisik rambut tersebut. Saat itulah rambut tampak kusam dan tidak bercahaya. Sedangkan rambut yang sehat akan tampak hidup dan bergairah, sehingga kita selalu ingin menyentuh atau membelainya.

Kesehatan rambut dan kulit kepala dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Diet yang kaya protein memegang peranan penting untuk rambut sehat karena dapat mensuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Bagaimanapun, jika kita makan dan melakukan diet yang seimbang dengan selalu memilih bahan-bahan segar sebagai makanan, tentu vitamin dan suplemen tidak diperlukan lagi untuk merangsang rambut untuk tumbuh dengan sehat.

Daging, keju, ikan, dan telur. juga kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan rumput laut adalah sumber nutrisi yang akan membuat rambut menjadi kuat dan bercahaya. Semua makanan tersebut akan merangsang tumbuhnya keratin, yang merupakan komponen penting bagi rambut. Sebaliknya, minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat menghambat penyerapan mineral yang penting bagi rambut.

Artikel Terkait

Karakteristik Rambut dan Kesehatan Rambut
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email